Selasa, 07 Desember 2010

Setting IP

Cara cepat setting IP Address

Ketika menggunakan laptop kemungkinan kita berpindah tempat sangat besar. Misal di kantor suatu saat kita dari ruang kita pergi ke ruang lain. Hal ini akan timbul permasalahan ketika ingin terhubung dengan jaringan baik wireless atau kabel sering disibukkan mensetting IP Address, subnet mask, dafault gateway, dan DNS server. Hal ini memakan waktu, karena harus mengklik menu, ke sub menu, ke sub menu lagi dan seterusnya, kemudian mengetikkan konfigurasi IP Address.
Setting jaringan biasanya dimulai dari “Control Panel” pilih ?Network Connections? atau dari “System Tray” klik kanan pada icon Network, pilih “Open Network Connections” . Window ini biasanya disebut Network Interface Card. Pada window ini, biasanya ada dua pilihan:
  • “Local Area Connection” untuk jaringan kabel
  • “Wireless Network Connection” untuk jaringan wireless
Pilih salah satu item tersebut, klik kanan pilih “Properties”, pilih “Internet Protokol (TCP/IP)” di situlah kita akan merubah setting IP. Langkah setting ini akan selalu Anda lakukan ketika pindah ke tempat lain dengan.
Window setting IP Address
Window setting IP Address
Ada cara lebih baik untuk menyelesaikan masalah itu yaitu menggunakan perintah “netsh” dari “Command Prompt”. Agar dapat masuk ke “Command Prompt” dengan cepat, klik “Start/Run” masukkan “cmd”. masukkan perintah “netsh /?” akan terlihat opsi dan parameter yang dapat digunakan.
window_run
Window Run
Setelah diklik tombol ?OK?, maka muncul window ?Command Prompt?.
Window Command Prompt
Window Command Prompt
Yang perlu diperhatikan adalah teks yang harus dimasukkan pada file name adalah seperti pada gambar.
Nama Network Connection
Nama Network Connection
Contoh gambar di atas mempunyai arti network yang akan di setting bernama ?Wireless Network Connection?. Jika ingin menganti item yang disetting tinggal diganti sesuai dengan nama yang terdapat pada komputer Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar